Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah Oleh Megie Yunita Maulid

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah Oleh Megie Yunita Maulid
  • Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah oleh Megie Yunita Maulid

    Berikut ini resep cara membuat Ongol-ongol Sagu Gula Merah. Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah yang dibuat oleh Megie Yunita Maulid bisa menjadi 20 potong.



    resep lengkap untuk Ongol-ongol Sagu Gula Merah


    Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah


    Porsi: 20 potong

    Bahan-bahan

    1. 250 gram tepung sagu
    2. 250 gram gula merah, sisir
    3. 50 gram (2,5 sdm munjung) gula pasir
    4. 750 ml (3 gelas belimbing) air
    5. 1 lembar daun pandan, sobek2
    6. secukupnya kelapa setengah tua, kupas bersih, parut
    7. secukupnya garam

    Langkah

    1. Kukus kelapa parut. Setelah matang, bubuhi garam secukupnya. Aduk rata. Biarkan agar mendingin, sisihkan.

    2. Masak gula merah dan gula pasir dengan 250 ml (1 gelas belimbing penuh) air. Tambahkan daun pandan yg telah disobek-sobek. Masak hingga mendidih dan gula larut. Saring.

    3. Masukkan tepung sagu dan 500 ml (2 gelas belimbing penuh) air ke dalam panci / wajan (sebaiknya gunakan panci / wajan anti lengket), kemudian tambahkan cairan gula yg telah disaring tadi (tidak perlu menunggu cairan gula menjadi dingin), aduk hingga tercampur rata.

    4. Masak larutan tepung dan gula tadi dengan api sedang sambil terus diaduk dengan menggunakan spatula kayu. Perhatikan bagian bawah adonan yang berhubungan langsung dengan panci / wajan, aduk terus menerus agar tidak gosong. Masak hingga adonan mengental, lengket / liat dan berubah warna menjadi cokelat gelap (seperti dodol). *Note : sebaiknya siapkan tenaga, karena semakin lama adonan akan semakin berat untuk diaduk.

    5. Setelah matang, cetak ongol-ongol di atas wadah plastik yg telah diolesi sedikit minyak / disemprot cooking spray. Dinginkan.

    6. Setelah dingin, potong ongol-ongol dengan menggunakan spatula plastik sesuai selera dan gulingkan di atas kelapa parut kukus. Sajikan.

    7. Note : Setelah ongol-ongol matang, Anda juga bisa langsung menggulingkannya di atas kelapa parut kukus. Namun jika tidak segera dimakan, permukaan ongol-ongol akan tampak basah karena uap air dari ongol-ongol yg masih panas akan diserap oleh kelapa parut yg mengakibatkan ongol-ongol cepat basi.




    Demikianlah Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah, Harapan kami dapat bermanfaat bagi anda.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki hampir satu juta resep yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah Oleh Megie Yunita Maulid diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Ongol-ongol Sagu Gula Merah Oleh Megie Yunita Maulid dengan alamat Url: https://iolcaviarofficial.blogspot.com/2015/05/resep-ongol-ongol-sagu-gula-merah-oleh.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.

    ==[Close X]==